PROGRAM INOVASI KEJARI BANGGAI LAUT MENDAPATKAN APRESIASI DARI KAJATI SULTENG

kejari2605170Kunjungan kerja Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan berjumlah 17 (Tujuh belas) orang ke Kejaksaan Negeri Banggai Laut pada hari Selasa dan Rabu, tanggal 9 dan 10 Mei 2017 disambut meriah oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Banggai Laut dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Banggai Kepulauan. Kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah disambut langsung oleh Bupati Banggai Laut Drs. H.WENNYBUKAMO menggunakan speedboat “Tolobundo” ke Pelabuhan Rakyat Luwuk pada Hari Selasa Pagi Jam 07.30 Wita.
Sekitar jam 11.00 Wita, sesampainya di Pelabuhan Laut Tinakin rombongan Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah disambut oleh Wakil Bupati dan Kepala OPD Kabupaten Banggai Laut, forkompinda dan Pimpinan DPRD Kab. Banggai Laut,dengan kalungan bunga dan tarian cakalele dari Dinas Pariwisata. Kemudian rombongan di arak ke rumah jabatan untuk ramah tamah dan makan siang, kemudian dilanjutkan dengan kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri Banggai Laut pada jam 13.00 – 15.30 Wita.
Kegiatan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah di Kantor Kejaksaan Negeri Banggai laut meliputi : peninjauan ruang kantor, lingkungan kantor, ruang IAD Daerah Banggai Laut, peninjauan administrasi perkantoran dan diakhiri dengan pengarahan / briefing dari Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah kepada jajaran Kejaksaan Negeri Banggai Laut.
Dalam paparannya Kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut TEGUH SUHENDRO, SH.,MHum menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih sudah berkenan mengunjungi Kejaksaan Negeri Banggai Laut, selanjutnya juga disampaikan permohonan maaf atas segala keterbatasan dan ketidak-nyamanan selama di Banggai Laut dan Banggai Kepulauan atas kondisi geografis dan sarana dan prasarana yang kurang memadai. KepalaKejaksaan Negeri Banggai Laut kemudian menyampaikan capaian kinerja semua bidang sampai dengan April 2017 (Catur Wulan I Tahun 2017), yang meliputi bidang pembinaan realisasi semua bidang sebesar Rp. 1.380.748.610 dari total anggaran sebesar Rp 2.395.243.000 atau sebesar 42,35 %. Dalam bidang pengelolaan keuangan Kejaksaan Negeri Banggai Laut menjadi Satker Terbaik I Kategori Penyiapan SPM Gaji Induk dan Satker Terbaik II Se Kabupaten Banggai Laut dan Banggai kepulauan lingkup KPKN Luwuk Tahun Anggaran 2016, menyisihkan 72 Satker yang diperoleh awal tahun 2017.
Bidang Intelijen Realisasi Anggaran 100 % capaian kinerja 300% karena capaian target kegiatan Penyuluhan Hukum / Penenrangan Hukum sebesar 8 Kegiatan melebihi dari target kegiatan sebanyak 2 kegiatan. Bidang Tindak Pidana Umum realisasi anggaran sebesar Rp. 145.700.000 dari pagu Anggaran sebesar Rp. 419.000.000.- atau sebesar 34 %, capaian kinerja sebanyak 123 kegatan dari Target kegiatan sebesar 195 kegiatan atau sebesar 63,1%. Bidang Tindak Pidana Khusus Realisasi Anggaran sebesar Rp. 249.080.000.- dari Pagu Anggaran sebesar Rp. 419.100.000.- atau sebesar 72,35 %. Capaian Kinerja sebayak 10 kegiatan dari Target Kegiatan sebanyak 5 Kegiatan atau sebesar 200 %. Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) realisasi anggaran sebesar Rp. 8.000.000.- dari pagu anggaran sebesar Rp. 15.000.000.- atau sebesar 53,3 %, capaian kinerja sebanyak 6 Kegiatan dari 15 Kegiatan atau sebesar40 %. Sampai dengan bulan April 2017 (Catur Wulan I Tahun 2017) Kejaksaan Negeri Banggai Laut telah menerima 11 Surat Kuasa Khusus dan berhasil mengembalikan kerugian keuangan Negara melalui PPH sebesar Rp. 65.000.000.- (enam puluh lima juta rupiah)
Selain menyampaikan capaian kinerja Kejaksaan Negeri Banggai Laut catur Wulan I yang diatas Target kegiatan, kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut juga menyampaikan program kerja unggulan / inovatif pada Tahun 2017, yang meliputi :

1. Laporan Pengaduan (LAPDU) berbasis websitewww.kejari-banggailaut.go.id.
Merupakan sarana Laporan Pengaduan (LAPDU) Masyarakat dari Kabupaten Banggai Laut dan Banggai Kepulauan terhadap dugaan Tindak Pidana Korupsi maupun dugaan terhadap oknum Jaksa Fungsional, Pejabat Struktural maupun staff TU yang melaksanakan Tugas Pokok, fungsi dan kewenangannya secara tidak professional dan merugikan masyarakat pencari keadilan, atau laporan pengaduan apa saja termasuk kritik terhadap kinerja Banggai Laut.
Masyarakat di wilayah Kabupaten Banggai Laut dan Banggai Kepulauan tinggal membuka website www.kejari-banggailaut.go.id., setelah keluar tampilan klik di kolom LAPDU maka akan keluar format pengaduan dalam tampilan layar monitor dan silakan mengisi identitas dan hal hal yang akan diadukan kemudian ditutup aplikasinya, maka laporan Pengaduan (LAPDU) masyarakat tersebut akan terhubung dengan e-mail dari kasi intel dan Kajari banggai Laut

2. “HALO JPN” ,Pelayanan Hukum dan Penerangan dibidang DATUN berbasis Android.
Merupakan Layanan konsultasi hukum dan penerangan hokum menggunakan Handphone android dengan cara mengunduh di internet atau di www.kejari-banggailaut.go.id., setelah muncul tampilan HALO JPN(menu) yang terdiri dari Login, Daftar dan Dasar Hukum, kemudian Klik kolom “Daftar” untuk mengisi identitas penanya yang ingin konsultasi hukum setelah diisi kemudian kembali ke menu dan klik kolom “Login” muncul format verifikasi untuk mengisi username dan password maka akan muncul format untuk konsultasi hokum, silakan diisi, ditutup dan dikirim maka akan tersambung dengan Handphone android dari Kasi DATUN dan Kejari Banggai Laut.
Program HALO JPN diujicoba pada tanggal 17 Mei 2017 dan akan dibuka ke masyarakat (launching) akhir Mei 2017

3. “JAKSA MENYAPA” dIalog Interaktif Kejari Banggai Laut dengan Masyarakat dengan Thema tertentu di bidang hokum melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah Banggai Laut Benggawi FM.
Merupakan siaran langsung berisi penyuluhan / penerangan Hukum masyarakat melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Banggai Laut “BENGGAWI”, dengan materi / thema yang sedang terjadi (faktual) di masyarakat serta disambung dengan sessi dialog interaktifantara nara sumber dari Kejaksaan Negeri Banggai Laut dengan Masyarakat Kabupaten Banggai laut dan Banggai Kepulauan. Program JAKSA MENYAPA sudah dimulai pada hari Rabu tanggal 17 Mei 2017, jam 15.30 – 18.00 Wita. Program ini dilaksanakan setiap dua minggu sekali dengan materi / thema berdasarkan usulan dari masyarakat dengan nara sumber para kasi di Kejaksaan Negeri Banggai laut yang berkaitan dengan materi / thema yang diajukan secara bergantian.

4. “DANA DESA AWARD”, Penghargaan kepada para Kepala Desa berprestasi dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD)
Merupakan penghargaan untuk para Kepala Desa yang berprestasi dalam pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) setelah dilakukan penilaian oleh Tim Dana Desa Award yang terdiri dari Kejaksaan Negeri Banggai Laut, DPRD Kabupaten Banggai laut, Inspektorat Daerah Kabupaten Banggai Laut, DinasSosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD dan P3A) serta unsur pers. Aspek Penilian Dana Desa Award meliputi : proses penyusunan program, partisipasi masyarakat dalam penyusunan program, Inovasi Program, penyerapan Anggaran, laporan pertanggung-jawaban dan transparansi (akuntabilitas public).
Penilaian Dana Desa Awarddilakukan sebanyak dua kali yaitu pada bulan Juni dan Desember, dan Dana Desa Award akan diberikan bersamaan dengan Peringatan Hari Anti Korupsi pada tanggal 09 Desember setiap tahun.

Tepat pukul 15.30 Wita Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan kembali ke Hotel untuk ISHOMA, kemudian dilanjutkan dengan dengan city tour dengan mengunjungi Keraton Benggawi dan Pantai Pasir Putih di Desa lambako. Malam harinya jam 20.00 Wita Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah dan rombongan dijamu makan malam di rumah Jabatan Bupati Banggai laut.
Keesokan Harinya, Rabu tanggal 10 Mei 2017 jam 08.30 Wita setelah sarapan pagi di Rumah jabatan Bupati Banggai laut, Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan meninjau lokasi Rumah DInas Kejaksaan Negeri Banggai laut yang akan dihibahkan dan dilanjutkan ke Kantor Bupati Banggai laut untuk menyaksikan Hibah berupa 3 (tiga) Unit Bangunan rumah, 1 (satu) unit Mobil Toyota Kijang Inova Tahun 2015 dan 3 (tiga) Unit Yamaha Vixion Tahun 2015 dan melakukan Pengarahan / Briefing kepada para Pejabat Pemkab Banggai Laut dari Jam 09.00 – 10.00 Wita.
Tepat pukul 10.00 Wita Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Banggai Kepulauan di Salakan melalui jalan Laut selama 30 menit perjalanan disambung dengan jalan Darat selama 1,5 jam perjalanan. Sesampai di Salakan rombongan disambut oleh Ketua DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan dan dan Asisten III Kabupaten Banggai Kepulauan di rumah jabatan Bupati.
Tepat jam 14.00 Wita Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Aula Kantor Bupati Banggai Kepulauan untuk memberikan penfarahan / briefing kepada para pejabat eselon I,II dan III.
Selesai Briefing dilanjutkan Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Gudung DPRD Banggai Kepulauan untuk menyaksaikan penanda-tangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Ketua DPRD Banggai Kepulauan Drs RISAL ARWI dengan kepala Kejaksaan Negeri Banggai Laut TEGUH SUHENDRO, SH.MHum bidang Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN) dan TP4D khususnya Pengawasan Proyek pembangunan di Banggai Kepulauan.
Dalam sambutannya Kepala kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah SAMPE TUAH, SH, menyampaikan pesan agar tidak ada lagi Anggota DPRD Banggai Kepulauan yang terlibat dalam Tindak Pidana Korupsi dan mendorong DPRD Kabupaten Banggai Kepulauan untuk bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten
Mewujudkan berdirinya Kantor Kejaksaan Negeri Banggai Kepulauan.
Tepat Jam 16.00 Wita Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan menuju ke Pelabuhan dengan terlebih dahulu mengunjungi Kantor perwakilan Kejaksaan Negeri Banggai Laut di Salakan.
Pada jam 16.30 Wita Kepala Kejaksaan Tinggi dan Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah beserta rombongan melanjutkan perjalanan ke Luwuk untuk istirahat dan makan malam dan dapat melanjutkan perjalanan kembali ke Kejaksaan Negeri Tojo Una Una.
Selamat jalan bapak kajati beserta rombongan….

Updated: May 26, 2017 — 3:45 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kejari-Banggai © 2015 MediaWeb